Cara Memperbaiki Komputer yang (Hidup & Mati)

LIFEWIRE  




Cara Memperbaiki Komputer yang (Hidup & Mati)

Cara Memperbaiki Komputer yang (Hidup & Mati)




Apakah komputer Anda mati dengan sendirinya atau di beberapa titik sebelum sistem operasi? Jika demikian, Anda bisa menghadapi apa pun mulai dari korsleting listrik hingga isu masalah serius dari perangkat keras.

Karena ada beberapa alasan PC Anda mungkin mati dengan sendirinya selama proses boot, penting bagi Anda untuk melewati proses pemecahan masalah logis seperti yang telah kami jelaskan di bawah ini.

Jika komputer Anda nyatanya menyala dan tetap hidup, bahkan jika Anda tidak melihat apa pun di layar, lihat Cara Memperbaiki Komputer yang Tidak Akan Nyala.

Cara Memperbaiki Komputer yang Hidup Mati

Proses ini bisa memakan waktu mulai dari menit hingga berjam-jam tergantung pada mengapa komputer mati seberapa cepat setelah dinyalakan.

  1. Pecahkan penyebab kode bip, dengan asumsi Anda cukup jeli untuk mendengarnya. SEBUAH kode bip akan memberi Anda informasi yang sangat bagus tentang di mana tepatnya mencari penyebab komputer Anda mati.

    Jika Anda tidak memperbaiki masalah dengan cara itu, Anda selalu dapat kembali ke sini dan melanjutkan pemecahan masalah dengan informasi yang lebih umum di bawah ini.

  2. Pastikan sakelar tegangan catu daya sudah diatur dengan benar. Jika tegangan input untuk Sumber Daya listrik tidak cocok dengan pengaturan yang benar untuk negara Anda.

    Kemungkinan komputer Anda tidak mau hidup sama sekali jika sakelar ini salah, tetapi tegangan catu daya yang salah juga dapat menyebabkan komputer Anda mati sendiri.

  3. Pastikan Anda menjaga komputer cukup dingin, atau mungkin terlalu panas sampai mati. Ikuti tautan itu untuk beberapa kiat mudah yang dapat diikuti siapa pun untuk mendinginkan komputer.

    Beberapa teknik pendinginan komputer untuk desktop mengharuskan Anda untuk membuka komputer Anda, tapi itu cukup mudah dilakukan.

  4. Periksa penyebab celana pendek listrik di dalam komputer Anda. Ini sangat sering menjadi penyebab masalah ketika komputer menyala selama satu atau dua detik tetapi kemudian mati sepenuhnya.

    Sangat, sangat penting bahwa Anda menghabiskan waktu yang diperlukan untuk memeriksa bagian dalam komputer Anda untuk masalah yang dapat menyebabkan korslet. Jika Anda tidak meluangkan waktu untuk memecahkan kemungkinan ini secara menyeluruh, Anda mungkin akan kehilangan arus listrik sederhana dan melakukan penggantian perangkat keras yang mahal.

  5. Uji catu daya Anda. Hanya karena komputer Anda hidup beberapa saat tidak berarti unit catu daya di komputer Anda berfungsi dengan baik. Dalam pengalaman saya, catu daya cenderung menyebabkan lebih banyak masalah daripada perangkat keras lainnya dan sangat sering menyebabkan komputer mati dengan sendirinya.

    Ganti catu daya Anda jika gagal salah satu tes Anda.

    Jika Anda benar-benar mengganti PSU, biarkan komputer terhubung setidaknya selama lima menit sebelum Anda mencoba menyalakannya. Ini memberi waktu untuk CMOS mengisi baterai sedikit.

  6. Uji tombol daya di bagian depan kasing komputer Anda. Jika tombol power adalah korslet atau bahkan hanya menempel pada kasus, mungkin itu alasan komputer Anda mati dengan sendirinya.

    Ganti tombol daya jika gagal dalam pengujian Anda atau jika Anda curiga itu tidak berfungsi dengan baik.

  7. Mendudukkan ke tempat lain semua yang ada di dalam komputer Anda. Mengisi kembali akan membangun kembali semua koneksi di dalam komputer Anda yang mungkin telah bergoyang dari waktu ke waktu.

    Coba ulangi yang berikut dan lihat apakah komputer Anda tetap menyala:

    • Pasang kembali semua kabel data dan daya internal
    • Pasang kembali modul memori
    • Pasang kembali semua kartu ekspansi

    Cabut dan pasang kembali keyboard dan mouse demikian juga. Ada sedikit kemungkinan bahwa salah satu penyebab masalah ini, tetapi kita tidak boleh mengabaikan mereka saat kita mengulang semua yang lain.

  8. Pasang kembali CPU hanya jika Anda curiga bahwa itu mungkin longgar atau mungkin tidak dipasang dengan benar.

    Kami menyebutnya secara terpisah hanya karena kemungkinan CPU longgar sangat tipis dan karena menginstalnya adalah tugas yang sensitif. Ini bukan masalah besar jika Anda berhati-hati, jadi jangan ragu-ragu!

  9. Mulai PC Anda dengan perangkat keras esensial saja. Tujuannya di sini adalah untuk menghapus perangkat keras sebanyak mungkin sambil tetap mempertahankan kemampuan komputer Anda untuk hidup.

    Jika komputer Anda menyala, dan tetap hidup, hanya dengan perangkat keras yang penting, lanjutkan ke Langkah 9.

    Jika komputer Anda terus mati sendiri, lanjutkan ke Langkah 10.

    Langkah pemecahan masalah ini cukup mudah bagi siapa saja untuk menyelesaikan, tidak memerlukan alat khusus, dan dapat memberikan banyak informasi yang sangat berharga. Ini bukan langkah untuk dilewati jika, setelah semua langkah di atas, komputer Anda masih mati dengan sendirinya.

  10. Pasang kembali setiap bagian dari perangkat keras yang tidak penting, satu komponen pada satu waktu, uji komputer Anda setelah setiap instalasi.

    Karena PC Anda dinyalakan dengan hanya perangkat keras yang diinstal, komponen-komponen tersebut berfungsi dengan baik. Ini berarti bahwa salah satu perangkat yang Anda lepaskan menyebabkan komputer Anda mati sendiri. Dengan memasang setiap perangkat kembali ke komputer Anda dan menguji setelah setiap instalasi, Anda akhirnya akan menemukan perangkat keras yang menyebabkan masalah Anda.

    Ganti perangkat keras yang rusak setelah Anda mengidentifikasinya. Kami Video Instalasi Perangkat Keras mungkin berguna saat Anda menginstal ulang perangkat keras Anda.

  11. Tes PC Anda menggunakan a Kartu Power On Self Test. Jika komputer Anda terus mati dengan sendirinya dengan hanya memasang perangkat keras PC yang penting, kartu POST akan membantu mengidentifikasi bagian perangkat keras mana yang harus diganti.

    Jika Anda belum memiliki dan tidak mau membeli kartu POST, lewati ke Langkah 11.

  12. Ganti setiap bagian dari perangkat keras penting di komputer Anda dengan perangkat keras yang identik atau setara yang “dikenal baik”, satu komponen setiap kali, untuk menentukan bagian perangkat keras mana yang menyebabkan komputer Anda mati secara otomatis. Tes setelah setiap penggantian perangkat keras untuk menentukan perangkat mana yang rusak.

    Sebagian besar pengguna komputer normal tidak memiliki koleksi suku cadang komputer yang berfungsi sesuai keinginan mereka. Saran saya adalah kembali ke Langkah 10. Kartu POST yang tidak mahal dan merupakan pendekatan yang jauh lebih masuk akal daripada menyimpan suku cadang komputer.

  13. Terakhir, jika semuanya gagal, Anda mungkin perlu mencari bantuan profesional dari layanan perbaikan komputer atau dari dukungan teknis pabrik komputer Anda.

    Sayangnya, jika Anda tanpa kartu POST dan juga tanpa suku cadang untuk bertukar masuk, Anda tidak tahu bagian mana dari perangkat keras komputer penting Anda yang rusak. Dalam kasus ini, Anda memiliki sedikit pilihan selain mengandalkan individu atau perusahaan yang memiliki sumber daya ini.

  14. Secara teori, komputer Anda sekarang harus berfungsi dengan baik.

Kiat dan Informasi Lebih Lanjut

  • Apakah Anda memecahkan masalah ini di komputer yang baru saja Anda buat? Jika demikian, periksa tiga kali konfigurasi Anda! Ada kemungkinan besar komputer Anda dimatikan dengan sendirinya karena kesalahan konfigurasi dan bukan kegagalan perangkat keras yang sebenarnya.
  • Apakah kami melewatkan langkah pemecahan masalah yang membantu Anda (atau mungkin membantu orang lain) memperbaiki komputer yang mati dengan sendirinya selama proses boot? Beritahu kami dan kami akan dengan senang hati memasukkan informasi.